September 3, 2020 0 Comments

Perkembangan Tradisi Menulis di Madrasah TBS

Perkembangan tradisi menulis di lingkup Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS), Kudus, sudah lama terbangun. Bahkan jauh sebelum Indonesia dideklarasikan menjadi sebuah negara yang merdeka.

Ini dibuktikan dengan adanya Madjallah Kwartalan ‘’Soeara TBS’’. Data yang berhasil redaksi temukan, edisi No. II Tahun I Madjallah Kwartalan TBS, terbit pada Jumadal Akhirah 1357 H / Agustus 1938.

Di struktur keredaksian disebutkan, Madjallah Kwartalan Soeara TBS dikeluarkan dan diterbitikan oleh ‘’Tasjwiqoet Tholellab School’’ dengan pengelola H. A. Djalil (Mede Redecteur) dan Tamjiz Choedlory dan Toeraihan sebagai Hoofed Redecteuren serta M. Masoed – Noor di pengurusan Administratie.

Menariknya, dalam pengelolaan dan penerbitan majalah tersebut, secara layout sudah bagus (dua kolom), terdiri dari beberapa rubrik (berita, opini, kajian kitab, Bahasa Arab, dan humor). Majalah tersebut juga sudah memuat iklan yang cukup beragam.

Perlu diketahui, tiga nama di struktur keredaksian, yakni H. A. Djalil, Tamjiz Choedlory dan Toeraihan adalah tokoh yang sangat dikenal publik, baik di Kudus maupun di struktur pengurus pusat Nahdlatul Ulama.

H. A. Djalil, adalah salah satu tokoh yang pernah memimpin Madrasah TBS dan dikenal sebagai salah satu ahli falak di Nusantara. Kemudian Tamjiz Choedlory, kelak dikenal sebagai tokoh yang memimpin sebuah media  bernama ‘’Terompet Ansor’’ pada masanya.

Sedang Toeraihan, yang selanjutnya publik mengenalnya dengan KH. Turaichan Adjhuri, adalah salah seorang ulama yang ‘alim di bidang fikih dan ahli falak. Almanak Menara Kudus salah satu karya sang maestro falak tersebut, yang kini diteruskan oleh salah satu putranya: KH. Sirril Wafa.

Dan keberlangsungan tradisi menulis di kalangan Madrasah TBS Kudus, kini banyak dilanjutkan oleh generasi penerusnya, khususnya para lulusannya, baik sebagai penulis artikel maupun menulis buku.

Sedang bagi santri madrasah, selain mengelola Majalah Dinding (Mading), ada Majalah Ath-Thullab (diterbitkan oleh OSIS MA NU TBS Kudus) dan Majalah At-Tasywiq (Madrasah Diniyah Putri atau Madipu TBS Kudus). (*/ ros)

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *