September 20, 2020 0 Comments

Kisah Awal Mula Penerbitan Ath-Thullab

Salah satu produk karya santri madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus yang membanggaka, adalah Majalah Ath-Thullab. Sebuah majalah yang edisi perdananya terbit pada 1995, saat kepemimpinan Persatuan Pelajar (PP) atau OSIS dijabat oleh Moch Ikrom.

Moch Ikrom menceritakan, awal mula menerbitkan Majalah Ath-Thullab, bukanlah kerja yang ringan. Selain SDM yang belum memiliki pengalaman, komputer saat itu juga belum begitu banyak atau populer.

Kover edisi perdana Majalah Ath-Thullab

‘’Kesan yang begitu membekas saat menggarap Majalah Ath-Thullab edisi perdana yaitu komputer belum punya. Untuk menggarap majalah dipinjami komputer oleh Romo KH. M. Ulil Albab Arwani,’’ kisahnya.

Terkait nama majalah, terang Moch Ikrom, dulu ada dua opsiyakni As-Salafie dan Ath-Thullab. ‘’Namun setelah kami sowankan kepada masyayikh, dipilihlah Ath-Thullab sebagai nama majalah,’’ ungkapnya.

Untuk edisi perdana Majalah Ath-Thullab terbit 2.000 eksemplar, dan memuat tulisan dari KH Syafiq Nashan dan Syaikh Sholahuddin Al-Mishri. ‘’Alhamdulillah, dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala dan restu masyayikh, Majalah Ath-Thullab bisa terbit,’’ katanya.  

Sementara itu, dalam jajaran keredaksian Majalah Ath-Thullab edisi perdana ini, sebagai pelindung adalah KH. Muhammad Manshur dan KH. M. Ulil Albab Arwani, jajaran penasihat terdiri atas KH Musthofa Imron BA, Drs. Hasan Bisyri dan Kiai A. Rofiq Ch. Sedang di jajaran pembina ada KH. M. Arifin Fanani, KH. Hasan Fauzi, Drs. H. Abdullah Zaini, Drs. Muhammad Yahya dan Drs Amin Nafis.

Pemimpin redaksi dipercayakan kepada Sofiyan Hadi, staf redaksi terdiri atas uhtarom Sy., Sutopo, Abdul Wahid, Sumantri dan Muhtadin. Bidang tata usaha ditangani oleh Abdur Ro’uf, Zainuddin, M. Abdul Hadi, Abdur Rohman, serta Arif Chasanul Muna. Sedang ilustrator dipercayakan kepada Turaichan, Turmudzi, Rif’an, dan Muhaimin. (*/ ros)

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *