August 16, 2021 0 Comments

Pentingnya Berprasangka Baik Terhadap Murid

KUDUS – Sangat penting bagi para guru memiliki prasangka dan penilaian yang baik terhadap para murid atau santrinya. Sebab, prasangka dan penilaian yang baik itu akan sangat berdampak pada perkembangan karakter anak.

Demikian salah satu hal penting yang disampaikan KH M Ulil Albab Arwani, ketua Yayasan TBS Kudus dalam forum terbatas bersama para guru MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus. “Supaya anak-anak didik menjadi anak yang baik, maka guru harus punya penilaian yang baik pula terhadap murid – muridnya,” tuturnya dalam forum terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan itu.

Gus Bab yang juga Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Kudus itu menyampaikan, bahwa para guru harus memiliki penilaian bahwa murid-muridnya adalah anak-anak yang cerdas, dan akan mencapai apa yang dicita-citakannya.

“Kalau kita yakin anak kita baik dan cerdas, insyaAllah akan baik pula. Allah sendiri dalam salah satu hadis qudsy menegaskan, bahwa ‘Allah itu sesuai prasangka seorang hamba kepada-Nya’,” jelasnya sembari berpesan agar guru juga penting bersikap humanis (seperti murah senyum) kepada muridnya. (*/ red)

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *